5 Stand Wajib Kunjung di IBF 2010

Posted on October 6, 2010 by

1



[by Vennie M.]

Ajang pameran buku Indonesia Book Fair 2010 masih berlangsung di Istora Senayan hingga 10 Oktober mendatang. Hasil pandangan mata hampir semua stand mengobral buku cetakan lawas yang bisa bikin gelap mata. Tapi siap-siap tersesat, tidak ada petunjuk arah yang jelas di sini. Jika mengincar buku, ada baiknya kalian mencatat lokasi terdekat agar bisa kembali lagi, atau bisa ikuti petunjuk saya. Berikut 5 stand pengoda para kutu buku:

1. Hungry Bookworm – Bargain Books

Lokasi : Depan pintu masuk utama, dekat stand Penerbit Kompas Gramedia – Grasindo

Pembayaran : Tunai

Lapak milik distributor buku asal California, Amerika Serikat benar-benar bikin gelap mata. Bagaimana tidak buku hard cover edisi besar karangan Danielle Steel, John Grisham, Dan Brown hanya dibandrol 50 ribu rupiah. Bahkan saat hari pertama mereka melego buku-buku baru yang didatangkan langsung dari Amerika itu seharga 30 ribu rupiah.

Menurut Raza Wazir, sang manager yang ditemui di lokasi, Indonesia tetap menjadi pasar potensial untuk buku bahasa inggris hingga Ia tidak segan jual harga miring. “Kami mau meningkatkan minat baca buku, makanya kami jual murah.” ujar manager berbahasa inggris ini. Tiga tahun mencoba masuk pasar Indonesia, buku-buku yang ditawarkan berjenis buku populer dengan harga terjangkau yakni 20 ribu untuk buku anak-anak, 30 ribu untuk novel soft cover edisi kecil, dan 52 ribu novel soft cover edisi regular. Beberapa buku design juga tersedia seharga 100 ribu. Hasil bocoran Raza, hari ini dia akan memboyong lebih banyak buku dari gudangnya dan siap diborong para pencinta buku hingga sabtu minggu besok. Jadi siapkan uang tunai secukupnya karena tidak tersedia ATM di Istora Senayan. Bagi pemilik toko buku, Hungry Bookworm juga mengajak kerjasama untuk pendistribusian buku secara berkala.

Wajib Beli : Love, Star Girl – Jerry Spinelli : 52 ribu

Da Vinci Code – Dan Brown (Hard Cover) : 50 ribu

2. Aksara

Lokasi : Dekat Cempaka 1

Pembayaran : Kartu kredit semua jenis kecuali BCA, tapi menerima kartu debit BCA.

Ini stand wajib bagi para designer. Deretan buku tebal berukuran raksasa dilego seharga 200rb, dari buku grafis, arsitektur hingga fotografi. Khusus di IBF Toko buku yang berawal di Kemang ini menyediakan buku dengan lima tingkatan harga 20rb, 50rb, 75rb, 100rb dan 200rb.

Harga 20 ribu umumnya buku anak-anak. Di deretan 50 ribu tersedia Audacity of Hope karangan Barack Obama, Stern Men-Elizabeth Gilbert (pengarang Eat, Pray, Love) dan Lucky-Alice Seabold (penulis The Lovely Bones).

Buat pecinta serial Twilight ini kesempatan melengkapi koleksi kalian. Buku Twilight Saga soft cover versi besar, Director’s Notebook dan Illustrated Movie Companion tersedia seharga 75 ribu. Harga ini lebih murah ketimbang harga yang ditawarkan di stan lain. (Silakan cek toko sebelah)

Wajib Beli : Lonely Planet Afrika : 100ribu
1000 Architects A-Z : 200ribu

3. Buku Murah Penerbit Gramedia

Lokasi : Cempaka 6

Pembayaran : Tunai

Baru kali ini penerbit raksasa Gramedia memberikan diskon hingga 75 persen. Dari tahun ke tahun potongan biasanya maksimal 20 persen, kali ini potongan besar diberikan di gerai bertanda Buku Murah. Terbagi di dua lokasi, di dalam Cempaka 6 untuk buku jenis fiksi dan non fiksi dan di dekat Cempaka 1 khusus majalah.

Yang ditawarkan umumnya buku-buku terbitan lama kategori chiclit, teenlit yang sudah berkali-kali diobral murah di beberapa toko buku. Jadi teliti sebelum membeli. Dengan potongan harga 50 persen, harga di sini justru lebih mahal ketimbang obralan toko buku yang mematok harga 10 hingga 15ribu. Tapi tetap saja, ini kesempatan untuk melengkapi koleksi perpustakaan rumah.

Sementara di gerai penerbit majalah Gramedia bisa ditemui buku panduan kuliner dan wisata yang mulai menjamur dengan separuh harga. Awas, lagi-lagi tempelan harga pada buku tidak berlaku, yang dihitung adalah harga resmi yang tercetak pada buku dipotong 50 persen.

Wajib beli : Serial Kuliner Jalansutra Rp 29.500 diskon 50 persen

4. Elex Comic Center Kelapa Gading

Lokasi : dekat Kenanga 5

Pembayaran : Tunai

Dari pilihan stan yang menjual komik anime jepang, gerai ini menjual dengan harga yang paling masuk akal. Harga komik satuan dijual Rp 4000 sedangkan untuk paket serial dijual dengan diskon 25 persen. Tempatnya berantakan, yang berminat siap-siap turun tangan mengubek tumpukan komik di lapak yang sempit ini. Untuk harga paket kisarannya 20 ribu hingga 100 ribu, harga tertera belum dipotong diskon. Kondisi buku juga masih terlihat cantik dibanding lapak tetangga yang menjual harga selangit dengan kondisi mengenaskan. Selain komik, juga tersedia beberapa judul teenlit seharga 10 ribu, sepertinya ini buku sisa tempat persewaan buku yang guling tikar.

5. Pustaka Sinar Harapan

Lokasi : Cempaka 6

Pembayaran : Tunai

Sinar Harapan adalah penerbit lawas pememegang lisensi komik eropa Asterix dengan terjemahannya yang legendaris. Dulu bersama penerbit Indira yang sudah gulung tikar, komik eropa seperti Tintin, Smurf, Lucky Luke dibuat seukuran kertas HVS. Digerai ini masih bisa dibeli cetakan terbaru komik Asterix seharga 25ribu. Selain itu juga ada komik Bessy, kisah dua aktivis WWF (World Wildlife Fund), Andy dan Aneka bersama anjing jenis Lassie bernama Bessy yang berjuang menyelamatkan lingkungan. Edisi 1 hingga 7 diobral seharga 3000 dalam kondisi sangat baik karena langsung dari penerbit. Meski sudah 20 tahun berlalu, kisah Bessy justru sangat relevan dibaca seiring gencarnya kampanye pemanasan global. Sekalian memperkenalkan kembali keberadaan komik eropa.

Wajib beli : Komik Asterix 25 ribu Komik Bessy Rp 3000

Lengkap sudah panduan 5 tempat favorit saya, sekarang siapkan catatan, tarik tunai di bank dan bawa tas jinjing tuk angkut belanjaan buku. Selamat berburu buku.

NOTE: Vennie juga menulis pentingnya hati-hati membaca diskon di Indonesia Book Fair, agar tidak kena jebakan batman, baca tipsnya di waspada-harga-siluman-di-indonesia-book-fair

Advertisements
Posted in: belanja buku