Kliping Artikel Buku Oktober 2010

Posted on October 11, 2010 by

0



Bukunya mengkliping artikel-artikel seputar buku dari berbagai media massa. Berikut ini sinopsis, klik pada judul tautan untuk membaca artikel-artikel tersebut:

Sitor Situmorang Raih Saraswati Literary Award
Tempo Interaktif 6 Oktober 2010

Penyair Sitor Situmorang meraih anugerah Saraswati Literary Award for Lifetime Achievement dari ajang Ubud Witers and Reader Festival (UWRF) 2010.

1. Stan Lee dan MTV Ciptakan Komik Digital
Tempo Interaktif Minggu, 10 Oktober 2010
TEMPO Interaktif, Los Angeles – MTV membantu menghidupkan superhero baru Stan Lee, komikus legendaris yang turut melahirkan Spider-Man dan X-Men, dengan bergabung bersama POW Entertainment milik Lee. Mereka akan menciptakan serial komik digital baru The Seekers. http://bit.ly/stanli

2. Ada Klenik dalam Politik SBY
Resensi buku Tetralogi Sisi Lain SBY karya Wisnu Nugroho, wartawan Kompas, yang lima tahun meliput di lingkungan Istana. Dua buku seri ini yang sudah terbit adalah Pak Beye dan Istananya dan Pak Beye dan Politiknya, sementara dua buku lagi masih dalam proses penerbitan

3. Resensi 5 Penggerak Bangsa Yang Terlupa, Nasionalisme Minoritas Kristen
Koran Tempo Minggu 10 Oktober 2010
Buku karya Gerry Van Klinken terbitan LKiS Yogyakarta ini mengupas lima tokoh Kristen dan Katolik dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia: Ignatius Joseph Kasimo, Toedoeng Soetan Goenoeng Moelia, G.S.S.J. Ratu Langie, Amir Syarifuddin, dan Albertus Soegijapranata.

4. Resensi Sashenka
Buku karya penulis kisah-kisah sejarah Simon Montefiore terbitan Bantam Press ini bercerita soal Sashenka Zeitlin, keturunan juragan minyak bangsawan Yahudi-Rusia yang sejak usia 16 tahun polisi rahasia Tsar lantaran aktivitasnya yang dinilai subversif sebagai Kamrad Snowfox.

5. Rano Karno dan Buku Cina Benteng
Majalah TEMPO Senin 11 Oktober 2010
Rano Karno menulis buku The last Barongsay. Kenapa ia menulis buku ini?

6. Ambisi Menebar Sastra Indonesia
Yayasan Lontar meluncurkan lima novel karya sastra Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, yakni: Never the Twain (Salah Asuhan) karya Abdoel Moeis, Shackless (Belenggu) karya Armjn Pane, The Fall and The Heart (Kejatuhan dan Hati) karya S. Rukiah, Mirah of Banda (Mirah dari Banda) karya Hannah Rambe, dan Family Room (Ruang Keluarga) karya Lily Yulianty Farid.

7. Pelarangan Buku Hanya Oleh Pengadilan
Majalah TEMPO Senin 18 Oktober 2010
Kewenangan Kejaksaan Agung melarang peredaran buku yang melanggar ketertiban umum dinilai melanggar konstitusi. Buku bisa dilarang beredar setelah ada putusan pengadilan.

Advertisements
Posted in: kliping buku