Gugatan Plagiat JK Rowling Ditolak

Posted on January 11, 2011 by

0



Pengadilan Amerika Serikat pekan lalu menolak gugatan plagiat terhadap J.K. Rowling. Ahli waris pengarang Inggris Adrian Jacobs mengklaim Rowling mencontek bagian-bagian dari buku Jacobs, The Adventures of Willy the Wizard, untuk buku keempat seri Harry Potter, Harry Potter and the Goblet of Fire.

Para ahli waris menilai ada kesamaan antara kisah kompetisi Triwizard Harry dengan kontes sihir yang diikuti Willy. Begitu juga soal kereta ke dunia sihir.

Namun Hakim Shira Sheindlin menganggap konsep kedua novel itu bagai bumi dan langit sehingga memutuskan untuk menolak gugatan plagiat tersebut. “Ada perbedaan yang mencolok dalam gaya penulisan dan isi,” kata Sheindlin. Apalagi The Adventures of Willy the Wizard hanyalah novel anak sepanjang 36 halaman.

Rowling sendiri mengaku sedih dengan tuntutan plagiat bertubi-tubi terhadap karyanya. “Saya bahkan belum pernah mendengar buku itu dan nama pengarangnya sebelum mereka menggugat saya,” kata Rowling. “Saya belum pernah membaca buku itu.”

Sebelumnya pada 1999 Rowling juga digugat pengarang Amerika Serikat, Nancy Stouffer. Ia menuding Rowling mencuri ide dari bukunya, The Legend of Rah and the Muggles.

bukunya – dari pelbagai sumber

Advertisements
Posted in: berita buku