Kekasih Stieg Teruskan Seri Millenium

Posted on January 18, 2011 by

0



Stieg Larsson dan kekasihnya Eva Gabrielsson pada 1990. PA/Scanpix (dari guardian.co.uk)

Kekasih Stieg Larsson, Eva Gabrielsson, berencana merampungkan buku keempat dalam seri Millenium. Ketika Stieg meninggal pada 2004, ia baru menulis 200 halaman dari buku keempat tersebut.

Rencana itu diungkap dalam memoar Eva, Millennium, Stieg, and Me, yang akan diterbitkan pekan depan di Prancis dan negara-negara Skandinavia. “Saya dan Stieg sering menulis bersama,” ujarnya.

Seri Millenium menceritakan sepak terjang wartawan kriminal Michael Blomkvist dan hacker Lisbeth Salander menghancurkan berbagai organisasi kriminal dan kejahatan berencana. Sejauh ini sudah tiga buku seri ini yang diterbitkan, yakni The Girl with the Dragon Tattoo (2005), The Girl Who Played with Fire (2006), dan The Girl Who Kicked the Hornets’ Nest (2007). Versi terjemahan ketiga novel ini diterbitkan oleh penerbit Mizan.

Eva menolak membeberkan isi buku keempat tersebut. Ia cuma menyebut adanya perubahan pada Lisbeth Salander. “Sedikit demi sedikit ia bisa melepaskan diri dari masa lalu dan musuh-musuh yang menghantui hidupnya,” ujarnya.

Eva bertemu Stieg di Expo, sebuah publikasi antifasis yang didirkan Stieg pada 1995. Keduanya hidup bersama selama 30 tahun, namun tak menikah. Akibat status hubungan yang tak jelas itu, Eva tak kebagian pendapatan royalti seri fiksi yang akhir tahun ini akan diangkat ke layar lebar oleh Hollywood. Berdasarkan hukum Swedia, warisan Stieg jatuh ke tangan ayah dan saudara kandungnya.

Bukunya – pelbagai sumber

Advertisements
Posted in: berita buku