Demonstran Mesir Jaga Perpustakaan Alexandria

Posted on February 1, 2011 by

3



bibliotheca alexandrina

Puluhan pemuda berjaga di sekitar perpustakaan Bibliotheca Alexandrina di Alexandria, Mesir. “Pengunjuk rasa bersama staf perpustakaan dan tentara berjaga di sekitar perpustakaan,” kata Direktur Bibiotheca Alexandrina Ismail Serageldin, dalam pernyataan resminya Sabtu (30/1).

Ismail sempat khawatir unjuk rasa ditunggangi bandit dan provokator untuk menjarah barang dan koleksi perpustakaan yang punya koleksi jutaan buku dan dilengkapi antara lain empat museum dan sebuah planetarium. Sebelumnya ramai diberitakan museum di Kairo porak-poranda setelah diserang penjarah.

bagian dalam bibliotheca alexandrina

Perpustakaan di Alexandria memang punya sejarah penyerbuan dan penghancuran. Bibliotheca Alexandrina yang diresmikan pada 2002 ini, dibangun dekat situs perpustakaan kuno yang dibangun dinasti Ptolemeus pada abad ketiga sebelum masehi. Perpustakaan kuno itu empat kali rata, termasuk saat dibakar pasukan Romawi saat Kaisar Julius menyerang Alexandria pada tahun 48 Sebelum Masehi. “Tapi kali ini perpustakaan kami aman berkat anak-anak muda Mesir melindunginya,” ujarnya.

Meski begitu dalam beberapa hari ini perpustakaan terpaksa ditutup. “Kami tutup sampai jam malam tak diberlakukan lagi dan kekacauan berhenti,” kata Ismail.

Bukunya-pelbagai sumber

Advertisements