Gambar Senyum Setelah Gempa

Posted on April 5, 2011 by

2



Sehari setelah gempa dan tsunami melanda Jepang, mangaka Takehiko Inoue sejak pagi mengirimkan gambar-gambar lewat akun Twitternya. Semua gambar yang dibuat di iPadnya itu menampilkan orang tua dan muda, bahkan hewan tengah tersenyum.

Hingga akhir bulan lalu, Takehiko sudah mengirim lebih dari 90 gambar. Pembuat manga Slam Dunk dan Vagabond ini berharap gambarnya bisa menyuntikkan harapan kepada para korban bencana.

Ia tak sendirian. Komikus Akira Toriyama yang dikenal di Indonesia dengan manga Dragon Ball, misalnya, menyampaikan dukungannya lewat karakter komiknya, Son Goku. Masih banyak lagi komikus Jepang profesional maupun amatir yang menggambar demi membangkitkan semangat para korban bencana. Mereka menyebarkannya lewat Twitter dengan hash tag #draw_for_japan.

Sementara itu sekitar 35 mangaka juga berkumpul untuk membuat dojinshi atau manga independen. “Kami ingin mendukung dan memberi kekuatan kepada mereka yang terkena gempa dan tsunami.” Begitu bunyi pernyataan resmi di situs Higashi Nihon Daishinsai Charity Dōjinshi (Dojinshi Amal Gempa Besar di Jepang Timur).

Situs ini nantinya akan jadi tempat penjualan karya-karya mangaka terseut. Beberapa komikus yang karyanya dterbitkan di Indonesia juga bergabung, seperti Tomoko Ninomiya (Nodame Catabile) dan Tohru Fujisawa (GTO). Rencana dojinshi itu akan dirilis pada acara Comitia 96 di balai sidang Tokyo Big Sight pada 5 Mei mendatang.

Sementara itu sebanyak 43 mangaka termasuk Rumiko Takahashi dan Hisae Iwaoka menyumbangkan barang-barang yang akan dijual buat bantuan dana bagi korban gempa. Penjualan itu dilakukan di ajang Digital Manga Matsuri pada 3 April.

Bukunya – pelbagai sumber

Advertisements
Posted in: berita buku