Surat-surat John Lennon Diterbitkan

Posted on April 13, 2011 by

0



Personil Beatles John Lennon gemar berkorespondensi, mengirim kartu pos, dan corat-coret di atas kertas. Kini publik bisa membaca surat-surat dan goresan tangan itu karena janda mendiang Lennon, Yoko Ono, akhirnya setuju menerbitkannya.

Surat-surat yang selama ini disimpan Yoko nantinya akan disusun menjadi buku oleh penulis biografi resmi Beatles, Hunter Davies. Rencananya, selain berkas-berkas yang disimpan Yoko itu, Davies juga akan memakai koleksi korespondensi Lennon yang ia kumpulkan sendiri.

Sejauh ini Davies berhasil melacak 200 surat dan kartu pos pria bernama sli John Winston Ono Lennon tersebut. Penulis ini juga meminta sahabat pena rahasia, kenalan, kerabat, dan penggemar untuk meminjamkan atau menyumbangkannya surat yang pernah dikirim oleh Lennon.

Korespondensi tersebut nantinya akan disusun dengan urutan kronologis agar pembaca bisa melihat perjalanan hidup sang musisi. Halaman-halamannya akan disisipi kartun dan corat-coret Lennon. Beberapa surat tidak akan diketik ulang sehingga pembaca bisa menikmati tulisan tangan Lennon.

Menurut siaran pers penerbitnya, Little Brown, John menulis urat dan berkirim kartu pos sepanjang hidupnya. Selain kepada keluarga dan kenalan, Lennon juga berkorespondensi dengan sejumlah suratkabar, organisasi, dan pengacara. Isinya jenaka, informatif, bijak, puitis, namun kadang penuh kegilaan dan bisa menyakitkan hati. Rencananya buku kompilasi surat-menyurat tersebut akan diterbitkan pada Oktober 2012.
Bukunya –dari pelbagai sumber

Advertisements
Posted in: berita buku